Januari 29, 2017

Toyota Hiace Solusi Bisnis Transportasi


Toyota Hiace Solusi Bisnis Transportasi - Bisa jadi Anda adalah salah satu orang dari sekian banyak orang yang menginginkan memiliki usaha dibidang transportasi, penasaran tentang mobil cocok untuk usaha rental mobil, kenapa mobil hiace menjadi solusi bisnis transportasi yang menguntungkan?

Apakah bisa bisnis transportasi digeluti oleh orang yang belum berpengalaman sama sekali? Apakah bisa hanya menggunakan modal yang kecil? mungkin bisa jadi banyak pertanyaan yang ada dibenak Anda yang menginginkan memiliki bisnis transportasi tetapi masih banyak keraguan dan pertanyaan di pikiran.

Mengenal Toyota Hiace
Toyota Hiace adalah salah satu mobil dengan ukuran yang panjang juga lebar yang dapat menampung kapasitas penumpang yang cukup banyak. Dengan desain atau tampilan yang begitu elegan menjadikan mobil ini menjadi pilihan mobil tipe besar yang terbilang cukup favorit di Indonesia, suspensi dan leg room mobil ini mampu memberikan kenyamanan untuk perjalanan jarak jauh sekalipun. Tak ayal jika Toyota Hiace Commuter Line banyak digunakan dari mulai bisnis Travel, persewaan kendaraan atau Rental, digunakan di instansi pemerintahan karena bisa menjadi solusi kebutuhan alat angkut yang proper meski dengan kapasitas lebih dari minibus pada umumnya.

sewa mobil hiace

Dibandingkan dengan Rivalnya, misalnya saja dari segi "Tampilan" toyota hiace terlihat lebih elegant juga modern, desain dari pabrikan besar toyota ini bisa dibilang tak lekang oleh waktu meski sudah beberapa tahun menghiasi jalanan aspal Indonesia tetapi masih terlihat mempesona untuk masalah desain eksterior dari Toyota Hiace Commuter Line ini.

Desain pintu sliding pada bagian kiri memberikan keuntungan yaitu akses keluar juga masuk penumpang akan selalu lebih mudah dan tingkat keselamatan penumpang lebih tinggi karena akan selalu di posisi sebelah kiri. Berhenti di pinggir jalan besar jika menggunakan kendaraan minibus lain haruslah lebih berhati-hati jika keluar dari kendaraan 

Pada bagian kaca depan yang terlihat tak begitu tegak menjadikan Toyota Hiace sangat aerodinamis meski digunakan pada kecepatan tinggi, hambatan angin pada waktu kendaraan berjalan akan sedikit berkurang yang menjadikan lebih nyaman dikemudikan.

kapasitas mobil hiace

Toyota Hiace memiliki kapasitas total 16 seat yang bisa digunakan maksimal 15 penumpang yang memungkinkan digunakan jenis usaha transportasi seperti sewa mobil. Karena kendaraan tipe besar akan tetap memiliki pasar tersendiri untuk tipe penumpang rombongan. 

Memiliki tinggi 2,285 cm, otomatis kemudi lebih tinggi dari mobil tipe sedang yang dapat memberikan jangkauan pandangan driver yang lebih baik. Termasuk mobil dengan body bongsor, tetapi memiliki tampilan yang elegan dan mewah sehingga menambah minat para pengusaha transportasi karena dengan tampilan yang bagus juga dapat menarik minat rombongan untuk mencoba kenyamanan mobil ini.

Menurut saya mobil toyota hiace ini cocok untuk Usaha Persewaan Mobil di kawasan kota besar yang mungkin memiliki banyak terdapat tempat tempat wisata. Selain memiliki kapasitas dan tampilan yang elegan, mobil hiace juga menggunakan mesin diesel 2KD-FTV Direct 4 langkah dengan penambahan turbo diesel common rail yang memiliki karakteristik irit bbm meski mesin dengan kapasitas 2.500 cc.

Penambahan perangkat turbo diesel yang menungkinkan memiliki tenaga yang lebih besar bila dibandingkan dengan yang tanpa menggunakan turbo diesel. Bila dalam penggunaannya akan memungkinkan penumpang atau penyewa akan dapat mengurangi pengeluaran dalam momen wisata bersama rombongannya. Jadi akan semakin memberikan daya tarik bagi penyewa untuk menggunakan mobil hiace ini.

Toyota Hiace Solusi Bisnis Transportasi 

Mengelola bisnis dan bisa mempertahankan bisnis tersebut bisa berjalan terus dari tahun ke tahun tidaklah mudah, banyak orang yang sudah membuka usaha meskipun pada akhirnya gulung tikar dalam beberapa tahun bahkan ada yang beberapa bulan saja.

Hal tersebut membuktikan bahwa mempertahankan usaha atau bisnis itu lebih sulit dari membuka bisnis tersebut, banyak hal yang harus benar benar diperhatikan supaya tetap bisa bertahan dan bersaing meski terus bertambahnya jumlah pesaing.

Beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam membuka bisnis transportasi :
  1. Kenali pariwisata di lokasi usaha Anda
  2. Pastikan untuk memperkenalkan bisnis melalui media online maupun offline.
  3. Layanan jasa yang harus mengutamakan konsumen atau customer.
  4. Selalu terus berinovasi.
  5. Kritisi bisnis Anda sendiri supaya bisa terus memperbaiki dan memperbaiki
Dalam melihat Bisnis Transportasi memang kalau belum menggelutinya bakal mempunyai keraguan yang tinggi, berinvestasi ratusan juta bahkan hingga milyaran untuk beberapa kendaraan saja memang haruslah merancangnya dengan sangat matang.

Kenali dahulu apakah kota tersebut cocok untuk membuka bisnis transportasi dan bisa terus berkembang dalam waktu panjang?

Jika hal tersebut sudah tepat, barulah kita memikirkan tentang kendaraan dengan mencari relasi kendaraan untuk kebutuhan bisnis baru Anda nantinya. Sebagai awal membuka usaha jangan terburu-buru untuk membeli kendaraan dahulu, alangkah baiknya pikirkan dahulu bagaimana caranya usaha tersebut bisa jalan dulu.

Pemasaran Bisnis Transportasi
Siapkan social media, blog dan website sebagai toko tempat berjualan jasa transportasi, contohlah beberapa website besar baik mulai dari tampilan dan isi teks dari website tersebut. Dan gunakan brand sobat sendiri untuk bisa mengenalkan nama jasa transportasi yang Anda tawarkan, buatlah tampilan dan isi semenarik mungkin untuk dapat menggaet calon pemesan.

Tonggak utama dalam memulai bisnis transportasi adalah yaitu bagaimana cara supaya calon pemesan bisa mengetahui bisnis transportasi tersebut, buat website, blog dan social media. Untuk website dan Blog untuk bisa berada di Search Engine Google memang harus di update supaya dapat terindex pada situs pencari Google.

Buat artikel yang bagus dan menarik dalam beberapa halaman dan tulis pada halaman posting website dan blog untuk dapat menaikkan urutan pada Google, istilah ini biasa disebut traffic. Jika sobat masih belum mengerti tentang hal tersebut bisa mencari tahu tentang Cara Traffik Website pada youtube atau google hingga sobat mengerti akan hal tersebut.

Menjalin Relasi
Jika sobat sudah menjalankan point yang pertama, segera carilah relasi kendaraan dan mencari sopir. Jika suatu saat mendapatkan order 1 kendaraan saja mungkin Anda bisa menyetirnya sendiri menggunakan kendaraan sendiri, akan tetapi jika mendapatkan 2 atau lebih sobat harus tetap membutuhkan jasa sopir dan meminjam kendaraan untuk bisa mengcover pemesanan tersebut bukan.

Jadi menjalin relasi dari relasi kendaraan dan Sopir juga memang sangatlah penting, tak harus mempunyai kendaraan sendiri dan untuk awal alangkah baiknya jika memilih sewa dahulu ditempat lain dan menggunakan jasa sopir untuk bisa membuat sobat bisa fokus dalam pemesaran yaitu traffic website dan blog.

Biasanya untuk awal sangat susah untuk bisa memberikan kepercayaan kepada pemilik mobil untuk bisa meminjamkan kendaraannya tanpa sopir dari pihak dia, untuk awal sobat bisa menggunakan sopir kepercayaan dari pemilik mobil sekaligus menggunakan mobilnya setelah sobat mendapatkan orderan.

Belajar Menjadi Operator
Untuk yang sudah mempunyai pengalaman menjadi operator atau pernah bekerja menjadi operator dalam sebuah perusahaan, hal tersebut akan memudahkan Anda. Karena untuk awal berbisnis transportasi lebih baik untuk urusan menerima pemesanan baik telepon atau chatting lebih baik dikerjakan sendiri, jangan terburu-buru merekrut operator jika orderan masih sedikit.

Dan dengan menjadi operator, Anda akan lebih mengerti dan memahami kebutuhan pemesan tiap mendapatkan pemesanan. Pelajari mulai dari intonasi berbicara yang baik, cara menjelaskan kepada pemesan atau calon pemesan yang baik, jangan suka menyela pembicaraan penelpon, biasakan memanggil nama penelpon untuk lebih memberikan kesan baik pada Anda.

Mengkalkulasi Biaya
Harus bisa menghitung biaya dari sewa kendaraan, bahan bakar, biaya cuci kendaraan, jasa sopir /hari dan space keuntungan untuk Anda sendiri. Jika masih bingung akan beberapa hal tersebut, pelajari dahulu hingga benar - benar jelas karena semakin Anda mengerti tentang seluk beluk usaha yang sobat geluti akan dapat menghilangkan keraguan dan meningkatkan keyakinan dalam diri dalam menjalankan bisnis transportasi ini.

Jadi pelajari dengan cermat supaya tak ada kekeliruan apalagi sampai membuat rugi sewaktu Anda menentukan harga yang ditawarkan pada pemesan nantinya.

Siapkan Rekening Khusus
Kalau bisa, siapkan rekening Bank tersendiri dan tidak dicampur dengan transaksi lain diluar bisnis transportasi ini. Karena hal tersebut nantinya akan memudahkan Anda baik mulai awal usaha hingga nanti ketika usaha ini sudah berjalan dengan lancar, mengecek transaksi yang masuk dan keluar akan mudah dicek ulang ketika terdapat masalah.

Jadi buka rekening baru atau tentukan rekening mana yang cocok digunakan sebagai transaksi bisnis.